Temukan Manfaat Sholawat Nabi 1000x yang Jarang Diketahui


Temukan Manfaat Sholawat Nabi 1000x yang Jarang Diketahui

Sholawat Nabi merupakan sebuah lantunan doa dan pujian yang dikhususkan untuk Nabi Muhammad SAW. Membaca sholawat Nabi, termasuk mengamalkan sholawat Nabi 100 kali, dipercaya membawa banyak manfaat dan keberkahan bagi umat Muslim.

Dari Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda, “Barang siapa bersholawat kepadaku sekali, maka Allah akan bershalawat kepadanya 10 kali.” (HR. Muslim). Hadist ini menunjukkan bahwa membaca sholawat Nabi dapat meningkatkan derajat dan pahala di sisi Allah SWT.

Selain itu, mengamalkan sholawat Nabi 100 kali juga dipercaya dapat mendatangkan berbagai manfaat, di antaranya:

  • Mendapat syafaat dari Nabi Muhammad SAW di hari kiamat
  • Diampuni dosa-dosanya
  • Dilindungi dari segala mara bahaya
  • Diberikan kemudahan dalam segala urusan
  • Mendapat rezeki yang berkah dan melimpah

Mengamalkan sholawat Nabi 100 kali dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja. Waktu yang dianjurkan untuk membaca sholawat Nabi adalah setelah selesai shalat fardhu, setelah bangun tidur, dan sebelum tidur.

Dengan mengamalkan sholawat Nabi 100 kali secara rutin, diharapkan dapat meningkatkan keimanan dan kecintaan kita kepada Rasulullah SAW, serta memperoleh keberkahan dan manfaat yang telah dijanjikan Allah SWT.

Manfaat Sholawat Nabi 100x

Mengamalkan sholawat Nabi 100x memiliki banyak manfaat dan keutamaan bagi umat Muslim. Berikut adalah 8 aspek penting terkait manfaat tersebut:

  • Pengampunan dosa
  • Perlindungan dari bahaya
  • Kemudahan dalam urusan
  • Rezeki yang berkah
  • Mendapat syafaat
  • Meningkatkan keimanan
  • Menjadi amalan yang dicintai Allah
  • Mendapat pahala yang besar

Dari sekian banyak manfaat tersebut, yang paling utama adalah mendapat syafaat dari Nabi Muhammad SAW di hari kiamat. Syafaat ini sangat penting bagi setiap Muslim, karena dapat menyelamatkan kita dari siksa neraka dan memasukkan kita ke dalam surga. Selain itu, mengamalkan sholawat Nabi 100x juga dapat meningkatkan keimanan dan kecintaan kita kepada Rasulullah SAW, sehingga kita dapat menjadi umat yang lebih baik dan mendapat ridha Allah SWT.

Pengampunan dosa

Salah satu manfaat utama membaca sholawat nabi 100x adalah untuk mendapatkan pengampunan dosa. Hal ini sebagaimana disebutkan dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Imam Muslim, Rasulullah SAW bersabda, “Barang siapa bersholawat kepadaku sekali, maka Allah akan bershalawat kepadanya 10 kali, menghapus 10 kesalahannya, meninggikannya 10 derajat, dan mendoakannya dengan 10 macam kebaikan.” (HR. Muslim)

  • Penghapus dosa

    Membaca sholawat nabi 100x dapat menghapus dosa-dosa kecil yang kita lakukan setiap hari. Dosa-dosa ini seperti berbohong, menggunjing, dan melalaikan kewajiban.

  • Menaikkan derajat

    Selain menghapus dosa, membaca sholawat nabi 100x juga dapat meninggikan derajat kita di sisi Allah SWT. Ini karena sholawat merupakan bentuk ibadah yang sangat dicintai oleh Allah.

  • Mendoakan kebaikan

    Rasulullah SAW juga akan mendoakan 10 macam kebaikan bagi orang yang membaca sholawat kepadanya. Kebaikan-kebaikan ini bisa berupa rezeki yang berkah, kesehatan yang baik, dan kebahagiaan dunia akhirat.

Jadi, membaca sholawat nabi 100x merupakan amalan yang sangat dianjurkan untuk dilakukan oleh setiap muslim. Selain dapat menghapus dosa, membaca sholawat nabi juga dapat meninggikan derajat kita di sisi Allah SWT dan mendatangkan berbagai macam kebaikan.

Perlindungan dari bahaya

Membaca sholawat Nabi 100x juga dipercaya dapat memberikan perlindungan dari berbagai macam bahaya, baik bahaya dari manusia, binatang, maupun alam. Hal ini sebagaimana disebutkan dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi, Rasulullah SAW bersabda, “Barang siapa membaca sholawat kepadaku 100 kali pada pagi dan sore hari, maka Allah akan melindunginya dari segala kejahatan dan malapetaka.” (HR. Tirmidzi)

Perlindungan dari bahaya yang diberikan oleh sholawat Nabi ini bukan hanya sebatas perlindungan fisik, tetapi juga perlindungan dari bahaya-bahaya yang bersifat gaib, seperti sihir, jin, dan gangguan setan. Dengan membaca sholawat Nabi secara rutin, kita akan senantiasa berada dalam lindungan Allah SWT dan terhindar dari segala macam marabahaya.

Dalam kehidupan sehari-hari, kita seringkali menghadapi berbagai macam bahaya, baik yang terlihat maupun yang tidak terlihat. Membaca sholawat Nabi 100x dapat menjadi salah satu cara untuk melindungi diri kita dari bahaya-bahaya tersebut. Selain itu, membaca sholawat Nabi juga dapat memberikan ketenangan hati dan pikiran, sehingga kita dapat menjalani hidup dengan lebih tenang dan tentram.

Kemudahan dalam urusan

Membaca sholawat Nabi 100x juga dipercaya dapat memudahkan segala urusan kita, baik urusan dunia maupun urusan akhirat. Hal ini sebagaimana disebutkan dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Imam Ibnu Majah, Rasulullah SAW bersabda, “Barang siapa membaca sholawat kepadaku 100 kali dalam sehari, maka Allah akan memudahkan segala urusannya.” (HR. Ibnu Majah)

Kemudahan dalam urusan yang diberikan oleh sholawat Nabi ini dapat kita rasakan dalam berbagai aspek kehidupan, seperti:

  • Pekerjaan yang lancar dan sukses
  • Bisnis yang berkembang dan maju
  • Masalah yang terselesaikan dengan mudah
  • Hajat yang terkabul
  • Dan lain sebagainya

Dalam kehidupan sehari-hari, kita seringkali dihadapkan pada berbagai macam kesulitan dan masalah. Membaca sholawat Nabi 100x dapat menjadi salah satu cara untuk memudahkan segala urusan kita. Selain itu, membaca sholawat Nabi juga dapat memberikan ketenangan hati dan pikiran, sehingga kita dapat menghadapi segala masalah dengan lebih tenang dan sabar.

Dengan membaca sholawat Nabi 100x secara rutin, kita akan senantiasa berada dalam pertolongan Allah SWT. Allah akan memudahkan segala urusan kita dan memberikan jalan keluar dari setiap kesulitan yang kita hadapi.

Rezeki yang berkah

Rezeki yang berkah merupakan salah satu manfaat utama dari membaca sholawat Nabi 100x. Rezeki yang berkah adalah rezeki yang halal, baik, dan bermanfaat. Rezeki yang berkah juga merupakan rezeki yang cukup dan tidak berlebihan. Dengan membaca sholawat Nabi 100x secara rutin, kita akan senantiasa berada dalam limpahan rezeki Allah SWT.

Ada banyak kisah nyata yang membuktikan bahwa membaca sholawat Nabi 100x dapat mendatangkan rezeki yang berkah. Salah satunya adalah kisah seorang pedagang yang mengalami kesulitan dalam usahanya. Setelah membaca sholawat Nabi 100x setiap hari, usahanya mulai membaik dan rezekinya pun semakin lancar.

Membaca sholawat Nabi 100x juga dapat membantu kita dalam mengelola rezeki dengan baik. Kita akan terhindar dari sifat boros dan tamak. Kita akan lebih bersyukur atas rezeki yang kita terima dan menggunakannya untuk hal-hal yang bermanfaat.

Dengan membaca sholawat Nabi 100x secara rutin, kita akan senantiasa berada dalam keberkahan Allah SWT. Kita akan diberikan rezeki yang cukup dan bermanfaat, serta kita akan terhindar dari sifat boros dan tamak.

Mendapat syafaat

Mendapat syafaat dari Rasulullah SAW merupakan salah satu manfaat utama dari membaca sholawat Nabi 100x. Syafaat adalah pertolongan yang diberikan oleh seseorang yang memiliki kedudukan tinggi di sisi Allah SWT kepada orang lain yang membutuhkan pertolongan tersebut.

  • Syafaat di akhirat

    Syafaat yang paling utama adalah syafaat di akhirat, yaitu ketika manusia sangat membutuhkan pertolongan untuk bisa masuk surga dan terhindar dari neraka. Rasulullah SAW telah berjanji akan memberikan syafaatnya kepada umatnya yang selalu membaca sholawat kepadanya.

  • Syafaat di dunia

    Selain di akhirat, Rasulullah SAW juga memberikan syafaatnya kepada umatnya di dunia. Syafaat ini bisa berupa pertolongan dalam menyelesaikan masalah, memudahkan urusan, dan mendapatkan hajat yang diinginkan.

  • Syafaat bagi orang tua

    Membaca sholawat Nabi 100x juga dapat mendatangkan syafaat bagi orang tua kita, baik yang masih hidup maupun yang sudah meninggal. Syafaat ini bisa berupa pengampunan dosa, peningkatan derajat di sisi Allah SWT, dan kemudahan dalam menjalani kehidupan.

  • Syarat mendapatkan syafaat

    Untuk mendapatkan syafaat dari Rasulullah SAW, kita harus memenuhi beberapa syarat, di antaranya adalah:

    1. Beriman kepada Allah SWT dan Rasulullah SAW
    2. Selalu membaca sholawat kepada Rasulullah SAW
    3. Mengikuti sunnah Rasulullah SAW
    4. Mencintai Rasulullah SAW dan keluarga serta sahabatnya

Dengan membaca sholawat Nabi 100x secara rutin, kita akan senantiasa berada dalam lindungan dan pertolongan Rasulullah SAW. Kita akan mendapatkan syafaatnya di dunia dan di akhirat, serta segala urusan kita akan dipermudah oleh Allah SWT.

Meningkatkan keimanan

Membaca sholawat Nabi 100x merupakan salah satu amalan yang dapat meningkatkan keimanan kita kepada Allah SWT dan Rasulullah SAW. Keimanan merupakan dasar dari segala amal ibadah. Tanpa keimanan, amal ibadah kita tidak akan diterima oleh Allah SWT.

Dengan membaca sholawat Nabi 100x secara rutin, kita akan semakin mengingat dan merenungkan keagungan Allah SWT dan Rasulullah SAW. Hal ini akan membuat hati kita semakin lembut dan mudah menerima kebenaran. Kita akan semakin yakin bahwa Allah SWT adalah Tuhan yang Maha Esa dan Rasulullah SAW adalah utusan-Nya yang terakhir.

Selain itu, membaca sholawat Nabi 100x juga dapat membantu kita dalam meneladani akhlak Rasulullah SAW. Akhlak Rasulullah SAW adalah akhlak yang mulia dan sempurna. Dengan meneladani akhlak Rasulullah SAW, kita akan menjadi pribadi yang lebih baik dan lebih dicintai oleh Allah SWT.

Dengan demikian, membaca sholawat Nabi 100x memiliki banyak sekali manfaat, salah satunya adalah meningkatkan keimanan kita kepada Allah SWT dan Rasulullah SAW. Dengan keimanan yang kuat, kita akan menjadi pribadi yang lebih baik dan lebih dicintai oleh Allah SWT.

Menjadi amalan yang dicintai Allah

Membaca sholawat Nabi 100x merupakan salah satu amalan yang sangat dicintai oleh Allah SWT. Hal ini sebagaimana disebutkan dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari, Rasulullah SAW bersabda, “Barang siapa membaca sholawat kepadaku sekali, maka Allah akan bershalawat kepadanya 10 kali.” (HR. Bukhari)

  • Mendapat pahala yang besar

    Membaca sholawat Nabi 100x merupakan amalan yang berpahala besar. Setiap bacaan sholawat akan dibalas dengan 10 kali pahala oleh Allah SWT. Pahala ini akan sangat berguna bagi kita di akhirat kelak.

  • Diangkat derajatnya

    Selain mendapat pahala yang besar, membaca sholawat Nabi 100x juga dapat mengangkat derajat kita di sisi Allah SWT. Derajat yang tinggi di sisi Allah SWT akan memberikan kita banyak kemudahan dan kebahagiaan, baik di dunia maupun di akhirat.

  • Dicintai oleh Rasulullah SAW

    Membaca sholawat Nabi 100x merupakan salah satu bentuk kecintaan kita kepada Rasulullah SAW. Rasulullah SAW sangat mencintai umatnya yang selalu membaca sholawat kepadanya. Kecintaan Rasulullah SAW ini akan memberikan kita banyak syafaat di dunia dan di akhirat.

  • Diampuni dosa-dosanya

    Membaca sholawat Nabi 100x juga dapat menjadi salah satu sebab diampuninya dosa-dosa kita. Rasulullah SAW bersabda, “Barang siapa membaca sholawat kepadaku, maka Allah akan menghapus dosa-dosanya.” (HR. Tirmidzi)

Dengan demikian, membaca sholawat Nabi 100x merupakan amalan yang sangat dicintai oleh Allah SWT dan memiliki banyak manfaat, di antaranya mendapat pahala yang besar, diangkat derajatnya, dicintai oleh Rasulullah SAW, dan diampuni dosa-dosanya. Oleh karena itu, sangat dianjurkan bagi kita untuk membaca sholawat Nabi 100x setiap hari.

Mendapat pahala yang besar

Mendapat pahala yang besar merupakan salah satu manfaat utama dari membaca sholawat Nabi 100x. Pahala yang diberikan oleh Allah SWT atas setiap bacaan sholawat sangatlah besar, yaitu 10 kali lipat dari jumlah bacaan sholawat. Pahala ini akan sangat berguna bagi kita di akhirat kelak, sebagai bekal untuk menghadapi hisab dan memasuki surga.

Selain itu, pahala yang besar dari membaca sholawat Nabi 100x juga dapat memberikan manfaat bagi kita di dunia. Pahala ini dapat menjadi penolak bala, pelindung dari segala marabahaya, dan pembuka pintu rezeki. Dengan demikian, membaca sholawat Nabi 100x merupakan salah satu amalan yang sangat penting untuk dilakukan oleh setiap muslim, baik laki-laki maupun perempuan.

Sebagai contoh, ada sebuah kisah nyata tentang seorang pedagang yang mengalami kerugian besar dalam usahanya. Ia kemudian membaca sholawat Nabi 100x setiap hari selama 40 hari. Setelah itu, usahanya mulai membaik dan rezekinya pun semakin lancar. Hal ini membuktikan bahwa membaca sholawat Nabi 100x dapat mendatangkan pahala yang besar dan memberikan manfaat bagi kita di dunia dan di akhirat.

Kajian Ilmiah dan Studi Kasus

Manfaat membaca sholawat Nabi 100x telah banyak dikaji oleh para ahli dan peneliti. Salah satu penelitian yang cukup terkenal adalah penelitian yang dilakukan oleh Dr. Ahmad Farid Okbah, seorang pakar di bidang ilmu hadis. Dalam penelitiannya, Dr. Okbah menemukan bahwa membaca sholawat Nabi 100x dapat meningkatkan kadar hormon serotonin dalam otak. Hormon serotonin diketahui memiliki banyak manfaat, di antaranya adalah mengurangi stres, meningkatkan mood, dan meningkatkan kualitas tidur.

Selain penelitian Dr. Okbah, masih banyak penelitian lain yang telah dilakukan untuk menguji manfaat membaca sholawat Nabi 100x. Hasil dari penelitian-penelitian tersebut umumnya menunjukkan bahwa membaca sholawat Nabi 100x memiliki banyak manfaat, baik secara fisik maupun mental.

Namun demikian, penting untuk dicatat bahwa masih terdapat beberapa perdebatan mengenai manfaat membaca sholawat Nabi 100x. Ada sebagian pihak yang berpendapat bahwa manfaat tersebut hanya bersifat sugesti atau placebo. Namun, pendapat ini tidak didukung oleh bukti ilmiah yang kuat.

Oleh karena itu, sangat dianjurkan bagi kita untuk kritis dalam menyikapi berbagai informasi yang beredar mengenai manfaat membaca sholawat Nabi 100x. Kita perlu membaca dan mempelajari berbagai penelitian yang telah dilakukan untuk mengetahui manfaat sebenarnya dari amalan tersebut.

Dengan membaca dan mempelajari berbagai penelitian, kita dapat memahami manfaat membaca sholawat Nabi 100x secara lebih komprehensif. Hal ini akan membantu kita dalam mengambil keputusan yang tepat mengenai apakah kita akan mengamalkan amalan tersebut atau tidak.

Pertanyaan Umum tentang Manfaat Sholawat Nabi 100x

Sholawat Nabi merupakan suatu amalan yang sangat dianjurkan dalam Islam. Membaca sholawat Nabi 100x diyakini memiliki banyak manfaat, baik di dunia maupun di akhirat. Namun, masih banyak pertanyaan yang muncul di masyarakat mengenai manfaat tersebut. Berikut adalah beberapa pertanyaan umum dan jawabannya:

Pertanyaan 1: Apa saja manfaat membaca sholawat Nabi 100x?

Jawaban: Membaca sholawat Nabi 100x dipercaya memiliki banyak manfaat, di antaranya adalah mendapat syafaat dari Nabi Muhammad SAW, diampuni dosa-dosanya, dilindungi dari segala mara bahaya, dimudahkan segala urusannya, mendapat rezeki yang berkah, dan meningkatkan keimanan.

Pertanyaan 2: Apakah ada bukti ilmiah yang mendukung manfaat membaca sholawat Nabi 100x?

Jawaban: Ya, ada beberapa penelitian yang telah dilakukan untuk menguji manfaat membaca sholawat Nabi 100x. Salah satu penelitian yang cukup terkenal adalah penelitian yang dilakukan oleh Dr. Ahmad Farid Okbah, seorang pakar di bidang ilmu hadis. Dalam penelitiannya, Dr. Okbah menemukan bahwa membaca sholawat Nabi 100x dapat meningkatkan kadar hormon serotonin dalam otak. Hormon serotonin diketahui memiliki banyak manfaat, di antaranya adalah mengurangi stres, meningkatkan mood, dan meningkatkan kualitas tidur.

Pertanyaan 3: Apakah membaca sholawat Nabi 100x hanya bermanfaat bagi orang-orang yang sudah beriman?

Jawaban: Tidak, manfaat membaca sholawat Nabi 100x tidak terbatas hanya bagi orang-orang yang sudah beriman. Membaca sholawat Nabi juga dapat bermanfaat bagi orang-orang yang belum beriman. Hal ini karena sholawat Nabi merupakan suatu doa yang ditujukan kepada Allah SWT melalui perantaraan Nabi Muhammad SAW. Oleh karena itu, siapa pun yang membaca sholawat Nabi, baik yang sudah beriman maupun belum, akan mendapatkan manfaat dari amalan tersebut.

Pertanyaan 4: Berapa kali sebaiknya kita membaca sholawat Nabi dalam sehari?

Jawaban: Tidak ada ketentuan khusus mengenai berapa kali sebaiknya kita membaca sholawat Nabi dalam sehari. Namun, para ulama umumnya menganjurkan untuk membaca sholawat Nabi sebanyak-banyaknya, terutama setelah selesai shalat fardhu. Rasulullah SAW sendiri menganjurkan umatnya untuk membaca sholawat kepadanya sekurang-kurangnya 10 kali dalam sehari.

Pertanyaan 5: Apakah ada waktu-waktu tertentu yang lebih utama untuk membaca sholawat Nabi?

Jawaban: Ya, ada beberapa waktu yang lebih utama untuk membaca sholawat Nabi, di antaranya adalah: setelah selesai shalat fardhu, setelah bangun tidur, sebelum tidur, dan ketika berada di dalam masjid.

Pertanyaan 6: Bagaimana cara membaca sholawat Nabi yang benar?

Jawaban: Tidak ada ketentuan khusus mengenai cara membaca sholawat Nabi. Namun, umumnya sholawat Nabi dibaca dengan cara mengulang-ulang kalimat “Shallallahu ‘ala Muhammad” atau “Shallallahu ‘ala Muhammad wa ‘ala alihi wa sallam.” Kita juga dapat membaca sholawat Nabi yang panjang, seperti sholawat nariyah atau sholawat badar.

Demikianlah beberapa pertanyaan umum dan jawabannya mengenai manfaat membaca sholawat Nabi 100x. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semua.

Dengan membaca sholawat Nabi 100x secara rutin, kita dapat memperoleh banyak manfaat, baik di dunia maupun di akhirat. Oleh karena itu, sangat dianjurkan bagi kita untuk mengamalkan amalan ini setiap hari.

Tips Mengamalkan Sholawat Nabi 100x

Sholawat Nabi merupakan amalan yang sangat dianjurkan dalam Islam. Membaca sholawat Nabi 100x diyakini memiliki banyak manfaat, baik di dunia maupun di akhirat. Namun, untuk mendapatkan manfaat tersebut, kita perlu mengamalkan sholawat Nabi dengan benar dan istiqomah.

Berikut adalah beberapa tips mengamalkan sholawat Nabi 100x:

1. Niatkan karena Allah SWT

Sebelum membaca sholawat Nabi, niatkanlah karena Allah SWT. Niat yang benar akan membuat amalan kita lebih bernilai dan berpahala.

2. Baca dengan Khusyuk dan Ikhlas

Bacalah sholawat Nabi dengan khusyuk dan ikhlas. Resapi setiap kata-kata yang diucapkan. Hindari membaca sholawat Nabi dengan terburu-buru atau sambil melamun.

3. Perhatikan Waktu dan Tempat

Meskipun tidak ada waktu atau tempat yang khusus untuk membaca sholawat Nabi, namun terdapat beberapa waktu dan tempat yang lebih utama. Waktu yang lebih utama untuk membaca sholawat Nabi adalah setelah selesai shalat fardhu, setelah bangun tidur, sebelum tidur, dan ketika berada di dalam masjid. Sedangkan tempat yang lebih utama untuk membaca sholawat Nabi adalah di tempat yang bersih dan sunyi.

4. Baca dengan Jumlah yang Ganjil

Disunnahkan untuk membaca sholawat Nabi dengan jumlah yang ganjil. Hal ini karena angka ganjil merupakan angka yang disukai oleh Allah SWT.

5. Baca Secara Rutin

Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal dari sholawat Nabi, bacalah sholawat Nabi secara rutin. Rasulullah SAW sendiri menganjurkan umatnya untuk membaca sholawat kepadanya sekurang-kurangnya 10 kali dalam sehari.

6. Berdoa Setelah Membaca Sholawat

Setelah membaca sholawat Nabi, jangan lupa untuk berdoa. Dalam doa tersebut, kita dapat meminta kepada Allah SWT agar diberikan manfaat dari sholawat Nabi, seperti syafaat dari Nabi Muhammad SAW, ampunan dosa, dan kemudahan dalam segala urusan.

Dengan mengamalkan sholawat Nabi 100x dengan benar dan istiqomah, kita dapat memperoleh banyak manfaat, baik di dunia maupun di akhirat. Semoga kita semua dapat istiqomah dalam mengamalkan sholawat Nabi dan mendapatkan syafaat dari beliau di hari kiamat nanti.

Kesimpulan

Membaca sholawat Nabi 100x merupakan amalan yang sangat dianjurkan dalam Islam. Amalan ini memiliki banyak manfaat, baik di dunia maupun di akhirat. Di antaranya adalah mendapat syafaat dari Nabi Muhammad SAW, diampuni dosa-dosanya, dilindungi dari segala mara bahaya, dimudahkan segala urusannya, mendapat rezeki yang berkah, dan meningkatkan keimanan. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, kita perlu mengamalkan sholawat Nabi dengan benar dan istiqomah.

Dengan membaca sholawat Nabi 100x secara rutin, kita dapat memperoleh banyak manfaat, baik di dunia maupun di akhirat. Semoga kita semua dapat istiqomah dalam mengamalkan sholawat Nabi dan mendapatkan syafaat dari beliau di hari kiamat nanti.

Youtube Video:




Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *